Klub Wajib

Pramuka

Pramuka adalah nama organisasi kepanduan yang bertugas menyelenggarakan pendidikan di luar sekolah bagi anak-anak dan pemuda bangsa agar mereka memiliki ketangguhan, keberanian, memiliki kepribadian baik dan aktif dalam pembangunan di masyarakat.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti “Rakyat muda yang suka berkarya”. Di Indonesia gerakan ini diperkenalkan secara resmi pada 14 Agustus 1961 oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Di dunia Pramuka, Anda akan menemukan beberapa kode kehormatan berdasarkan Anggaran Dasar Pramuka. Ini berisi satya atau janji serta darma atau ketentuan moral. Penggolongan kode kehormatan berlandaskan pada beberapa faktor, seperti kondisi jasmani, rohani, dan usia.

tujuan umum pramuka adalah untuk menyiapkan generasi muda menjadi sosok yang mandiri, intelek, dan mudah beradaptasi di lingkungan luar sekolah.

Sekolah kesatuan Bangsa menyelenggarakan kegiatan kepanduan untuk kelas tujuh dan sepuluh. Mereka diwajibkan mengikuti kegiatan ini.

Pembina dan pelatih saling bahu membahu mengadakan kegiatan setiap minggu sesuai dengan Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang sudah menjadi aturan baku. Selain itu juga siswa disuguhkan dengan berbagai kegiatan seperti game, ketangkasan, dan seminar kepramukaan agar anak-anak memiliki kemampuan secara keilmuan dan keterampilan. 

 

Klub Menulis Fiksi dan Nonfiksi SMP-SMA Kesatuan Bangsa

Keterampilan menulis siswa perlu diperhatikan oleh para pendidik. Hal ini untuk menunjang keberhasilan dalam prestasi akademik di sekolahnya. Keterampilan menulis siswa harus dimotivasi sejak dini, agar siswa terdorong untuk terampil dalam menulis. Kemauan siswa untuk menulis akan mendorong kualitas siswa . Salah satu kegiatan  menulis di SMP-SMA Kesatuan Bangsa adalah Klub menulis fiksi dan nonfiksi yang meliputi menulis cerpen, karya ilmiah/ esai, dan komik. Kegiatan ini bertujuan agar siswa –siswi mampu mengekspresikan gagasan, pikiran, pendapat, dan pengalaman menjadi suatu rangkaian berbahasa tulis yang teratur, sistematis, menarik , dan efektif.

Ekstrakurikuler

  • Taekwondo
    Taekwondo merupakan salah satu cabang olahraga favorit siswa putra maupun putri. Olahraga ini tidak hanya melatih fisik dan mental, tetapi juga menekankan nilai-nilai kehidupan seperti disiplin, keberanian, dan kejujuran.
  • Karate
    Karate (dalam bahasa Jepang: 空 手) merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Jepang dan sedikit dipengaruhi dengan seni bela diri Cina kenpō dan hanya menggunakan tangan kosong tanpa bantuan senjata. Seni bela diri ini pertama kali masuk ke Jepang lewat Okinawa, dan pertama disebut dengan “Tote” yang memiliki arti seperti “Tangan China”.SMP-SMA Kesatuan Bangsa dengan rutin mengadakan latihan, dilaksanakan dua kali dalam seminggu.  Tujuan utama olahraga ini adalah  untuk mempertahankan sekaligus melindungi diri dari berbagai ancaman dan juga untuk menjaga kesehatan; melatih ketangkasan, kecepatan ketika ada ancaman. Pelatih karate yang didatangkan ke sekolah sudah memiliki lisensi sehingga ketika anak-anak akan mengikuti perlombaan pelatih selalu bisa mendampingi.
  • Basket
    Olahraga bola basket membantu siswa dalam mengoptimalkan pertumbuhan fisik pada masa remaja, dan sangat baik untuk mendapatkan kebugaran jasmani dan otak karena melatih akurasi, presisi, strategi dan kerjasama tim.
  • Futsal
    Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa dalam futsal, membentuk disiplin dan sportivitas dan mempersiapkan siswa dalam kejuaraan regional dan nasional.
  • Menunggang Kuda
    Berkuda merupakan istilah yang mengacu kepada keterampilan menunggangi, mengendarai, melompat atau berlari menggunakan kuda. Tujuan umum berkuda adalah untuk  kerja, transportasi, aktivitas rekreasi, latihan berseni atau budaya dan olahraga. Kegiatan berkuda di sekolah kami dilaksanakan di luar sekolah. Waktu pelaksanaan seminggu sekali diuar jam sekolah. Pelatihan ini tentunya didampingi oleh orang yang sudah profesional dalam bidangnya dengan tujuan anak-anak mendapatkan ilmu dari ahlinya.
  • Pemrograman
    Kegiatan ini bisa dikatakan rumit untuk orang awam. Klub ini membantu siswa berpikir logis dalam pembuatan aplikasi, termasuk game, mikrokontroler, aplikasi IoT, dan lain-lain.
  • Desain Grafis Digital
    Desain grafis merupakan salah satu bidang yang sangat populer bagi generasi masa kini. Hampir semua aspek kehidupan manusia memerlukan desain grafis untuk mengirimkan pesan dan informasi secara visual. Dalam ekstrakurikuler ini, siswa melatih kreativitas dan  keterampilan dasar menggunakan aplikasi desain grafis.
  • Film Pendek
    Short movie adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mewadahi siswa yang ingin belajar membuat film pendek. Tujuan kegiatan ini adalah melatih siswa dalam mengembangkan kreativitas; menyampaikan pesan lewat sebuah film.
  • Robotik
    Robotik adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Tujuannya agar siswa-siswi sekolah mengenal dan menguasai teknologi robotik dan mampu membuat berbagai inovasi kreatif dengan memanfaatkan skill teknologi yang telah dikuasainya.
  • Tari Ratoe Jaroeh
    Tari Ratoe Jaroeh atau yang lebih dikenal sebagai tari Saman sangat populer di kalangan siswa Indonesia. Klub ini mempromosikan kebanggaan dan cinta terhadap budaya nasional, kerja sama tim, kerja keras serta mengembangkan keterampilan menari siswa itu sendiri.