Asrama

Asrama Sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam mendukung visi misi sekolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kegiatan yang diharapkan dapat membantu siswa Kesatuan Bangsa¬† untuk mengelola waktunya dengan lebih produktif. Adapun kegiatan asrama dimulai dari pukul 04.30; siswa Muslim menunaikan kewajiban ibadah sholat subuh berjamaah dan dilanjutkan hafalan Al-Qur’an (khusus bagi penghuni asrama putri), setelah hafalan siswa diperkenankan untuk mempersiapkan diri berangkat sekolah. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran di kelas, pukul 06.15 siswa dianjurkan untuk menyantap sarapan pagi yang sudah disiapkan di dining hall.

Siswa bersekolah kurang lebih mulai pukul 07.00 sampai dengan 14.30 wib. Selesai kegiatan sekolah, siswa kesatuan bangsa diberi waktu yang luang sampai jam makan malam. Waktu luang ini bisa dipergunakan untuk mendalami hobi yang dimiliki, mengeksplorasikan bakat, dan bersantai bersama antara siswa satu dengan yang lainnya.

Ketika jam makan malam selesai, siswa mengikuti kegiatan tahsin berdasarkan level kemampuan dan berdoa bersama, sedangkan siswa non-muslim melakukan persiapan untuk belajar mandiri.

Pada pukul 19.30-21.00 siswa asrama Kesatuan Bangsa melakukan aktivitas etud (belajar mandiri) di kelas. Siswa diperkenankan belajar dengan model dan tingkat kenyamanannya masing-masing. Kegiatan ini berlangsung satu setengah jam dengan didampingi pembina kelas. Pembina kelas dan para siswa bertanggung jawab menjaga suasana kegiatan belajar agar tetap kondusif. Para siswa dapat menyampaikan keluhan, pertanyaan kepada pembina baik terkait materi maupun hal-hal yang lain sekalipun. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar baik secara individu maupun kelompok. Melalui aktivitas belajar bersama dan rutin ini, para siswa dapat saling bertukar informasi dan wawasan terkait materi yang telah disampaikan oleh guru.

Selain kegiatan rutin harian, asrama juga memiliki beberapa program khusus, yaitu:

  1. Malam di Asrama
    Malam di asrama merupakan kegiatan pementasan yang diikuti oleh siswa SMP SMA Kesatuan Bangsa, baik secara individu atau kelompok. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para siswa di luar kegiatan belajar di sekolah, dan dilakukan 2 kali dalam satu tahun ajaran pada tiap jenjang.  Kegiatan ini diadakan di ruang AVR (Audio Visual Room), dan dihadiri serta dimeriahkan oleh para siswa melalui berbagai macam pementasan seperti stand up comedy, pementasan musik, baca puisi, kuis, dan lain sebagainya. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa SMP dan SMA Kesatuan Bangsa dapat menjadi pribadi yang unggul baik dalam bidang pendidikan maupun seni, memiliki rasa percaya diri dan menghargai terhadap sesama.
  2. Liga Futsal Asrama (khusus untuk penghuni asrama putra)
    Dorm Futsal League adalah kompetisi olahraga futsal yang diadakan oleh siswa dengan format kompetisi liga. Adapun peserta dalam acara ini adalah peserta SMP dan SMA yang tergabung dalam tim kombinasi siswa SMP dan SMA. Pertandingan ini diselenggarakan di lapangan futsal SMP SMA Kesatuan Bangsa setelah pulang sekolah. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari – hari besar nasional seperti Hari Olahraga Nasional, Hari Kemerdekaan RI, dsb. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang olahraga, membangun jiwa sportivitas, memupuk kebersamaan dan kekerabatan antar siswa, serta memotivasi siswa agar melihat olahraga sebagai hal yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat, segar dan bugar.
  3. Lomba Kebersihan Kamar
    Program asrama yang kedua yaitu, lomba kebersihan dan dekorasi kamar. Program ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan sehingga siswa dapat beristirahat dengan tenang sehingga imunitas maupun mood akan tetap terjaga dengan baik. Adapun sistemnya yaitu dinilai setiap hari berdasarkan aspek-aspek yang sudah disepakati, dan hasilkan akan diakumulasikan setiap sebulan sekali untuk menentukan juara terkait kamar terbersih dll.
  4. Program Minum Teh (Cay Saati) khusus asrama putri
    Dalam asrama tentunya siswa membutuhkan tempat untuk saling bertukar pikiran ataupun mencurahkan isi hatinya sehingga dapat meringankan beban akademik yang dihadapinya. Untuk mengakomodasi hal ini asrama kesatuan bangsa mengadakan program minum teh (cay saati) yang dijadwalkan seminggu sekali. Cay saati juga menjadi salah satu momen yang selalu dinantikan oleh setiap kelas, karena adanya atmosfer kebersamaan yang menghangatkan jiwa.