Kegiatan Mingguan

Kegiatan dengan Wali Kelas

  • Jam Bimbingan
    Setiap minggu, satu jam pelajaran didedikasikan untuk menjadi wadah bagi siswa dan guru untuk berkomunikasi mengenai situasi kelas. Pada jam bimbingan ini wali kelas berdiskusi dengan kelasnya mengenai bermacam-macam topik, mulai dari karakter dan nilai-nilai mulia hingga permasalahan umum yang dihadapi oleh siswa. Materi bimbingan dapat diakses melalui Klik disini.
  • Kelompok Diskusi Siswa
    Student Group Discussion adalah diskusi kelompok yang dilakukan oleh siswa-siswa dan guru yang berkumpul bersama untuk membahas sebuah topik terkait pendidikan karakter moral, sosial, maupun spiritual.Siswa-siswa dikelompokkan menjadi lima hingga tujuh anak dari kelasnya masing-masing. Mereka akan mengadakan diskusi kelompok khusus dengan wali kelas mereka sebanyak satu minggu sekali. Diskusi ini berdurasi kurang lebih 40 menit, mencakup topik pendidikan karakter yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Pertemuan satu persatu
    Kegiatan belajar siswa tidak harus selalu dikaitkan dengan proses  pembelajaran akademik karena pendidikan juga mencakup ranah emosional, dan spiritual. Guru di dalam sekolah tidak sekadar menjadi fasilitator dalam penyampaian materi pelajaran, namun juga bertindak sebagai pendamping olah pikir pendewasaan siswa. Guru dapat memberikan perhatian lebih kepada seluruh siswa melalui dialog personal, diskusi dari hati ke hati, saling berbagi cerita, dan pengalaman. Dalam hal ini, guru yang mendapat amanah tersebut merupakan wali kelas yang diharapkan mampu mengetahui tabiat dan berbagai bentuk potensi masing-masing siswa. Selain itu, sekolah juga melibatkan orang tua untuk bersama-sama memberikan kesempatan dan ruang kepada anak untuk dapat belajar bereksplorasi dan mengembangkan bakat kemampuan yang dimiliki. Dengan adanya sinergi bersama antara wali kelas dan siswa, maka kegiatan pendampingan siswa secara personal akan membuahkan temuan-temuan baru mengenai bakat siswa yang selama ini tersembunyi.
  • Kegiatan Sosial Kelas
    Kegiatan Sosial Kelas adalah program bimbingan yang yang santai dan menyenangkan, dan masih berada dalam wilayah tanggung jawab wali kelas. Tujuan dari program ini adalah membentuk kedekatan antar siswa dan wali kelas. Kegiatan yang dilakukan pada class activity diantaranya: bermain sepak bola, basket, atau permainan olahraga yang lain, masak bersama, menonton film, dan lain sebagainya. 

Program Membaca

Program membaca merupakan kegiatan membaca selama 15 menit setiap hari Selasa-Jumat jam 7.15-7.30. Program membaca ini ditujukan untuk membiasakan sekaligus menunjukkan pentingnya membaca kepada siswa.

Kegiatan Semester

  • Kemping Membaca
    Kegiatan kemping membaca merupakan bagian dari program umum membaca. Kegiatan ini dilakukan di tempat2 tertentu tergantung pada musyawarah internal kelas dan di bawah koordinasi masing-masing.
  • Pengabdian Masyarakat
    Membersihkan tempat ibadah
    Membersihkan makam
    Membantu penyelenggaraan jenazah
    – Kunjungan ke panti asuhan dan panti jompo
    Tinggal bersama masyarakat

Kegiatan Tahunan

Program Membaca Buku

  1. Buku Berbahasa Inggris
    Tiap tahun semua siswa diwajibkan membaca minimal 10 judul buku berbahasa Inggris. Selain berbentuk kewajiban, siswa juga berpartisipasi dalam kompetisi membaca yang diadakan dengan menggunakan aplikasi MyOn English.
  2. Buku Berbahasa Indonesia
    Semua siswa diwajibkan membaca minimal 6 buku per tahun. Jenis buku yang disediakan di perpustakaan ini bermacam-macam, mulai dari biografi tokoh hingga sains.