PROFIL SINGKAT SEKOLAH 

 

“Di sekolah, tingkah laku harus dipertimbangkan sama pentingnya dengan mata pelajaran lain. Jika tidak, bagaimana anak-anak kita dapat tumbuh dengan karakter yang baik? Pendidikan berbeda dengan mengajar. Kebanyakan orang bisa menjadi pengajar, tetapi jumlah pendidik/guru sangatlah terbatas.”

Yayasan Pendidikan Kesatuan Bangsa Mandiri, telah meletakkan fondasi pembangunan sumber daya melalui pendidikan yang berwawasan internasional dan sistem yang modern untuk mewujudkan generasi emas yang berasal dari putra-putri Indonesia yang berlatar belakang dari berbagai etnis, ras dan agama. Dalam mewujudkan cita-citanya didirikanlah sekolah Kesatuan Bangsa ( KBS ) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekolah Kesatuan Bangsa mengembangkan sayapnya menuju horison masa depan dengan menggabungkan kampus yang nyaman, kondusif untuk belajar dengan para pendidik yang berdedikasi, penuh pengorbanan dan menyukai profesinya,  yang diharapkan dapat menumbuhkan generasi baru yang bermoral tinggi, mau berusaha keras dan mau mengabdikan seluruh hidupnya sebagai anak bangsa. Kami yakin bahwa akan muncul penyair, ilmuwan, musisi, artis, pelukis, dan atlit, yang  profesional dibidangnya masing-masing. Mereka adalah lulusan multi lingual dengan semangat kenegaraan, kesadaran demokrasi yang tinggi yang menjanjikan kejayaan bangsa indonesia di masa depan.

Sekolah Kesatuan Bangsa yang terdiri dari 2 jenjang; SMP dan SMA, memulai kiprahnya pada tahun 2011 dan berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kesatuan Bangsa Mandiri yang didirikan Almarhum Bapak Probosutedjo. Beliau memberikan sebagian gedung Universitas Mercubuana Yogyakarta untuk digunakan sebagai gedung sekolah Kesatuan Bangsa. Gedung-gedung ini kemudian direnovasi supaya dapat digunakan sebagai sekolah, asrama, kantin, dapur dan lobi sekolah. Pada tahun 2015, gedung sebelah Utara yang difungsikan sebagai kantin, dapur dan lobi direnovasi secara total. Gedung lama dirobohkan dan di atasnya didirikan gedung baru empat tingkat yang berfungsi sebagai kantin, dapur dan ruang makan, lobi, ruang kelas, ruang audio visual dan asrama.

Pada awal berdiri, sekolah Kesatuan Bangsa berstatus sebagai sekolah nasional yang menggunakan kurikulum nasional yang diperkaya dengan muatan internasional di pelajaran Matematika, Sains dan Bahasa Inggris. Pada tahun 2015 status sekolah Kesatuan Bangsa berubah menjadi Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) sesuai arahan pemerintah melalui Permendikbud No. 31 Tahun 2014. Pada tahun 2016 sekolah Kesatuan Bangsa memulai pilot project penggunaan perangkat digital dalam pembelajaran yang kemudian kami istilahkan sebagai “Technology in Classroom”. Perangkat yang digunakan pada periode uji coba ini adalah Asus Chromebook Flip C100PA yang dibeli sebanyak 30 unit. Tujuan periode uji coba ini adalah untuk mendapatkan feedback (masukan) yang sangat diperlukan dalam perencanaan penggunaan perangkat digital secara penuh yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Pada tahun 2017, Kesatuan Bangsa secara resmi melaksanakan “Technology in Classroom” dengan perangkat Acer Chromebook CB131 dibagikan kepada seluruh siswa baru. Pada tahun ini pula Kesatuan Bangsa mulai menggunakan kurikulum yang disediakan oleh Cambridge International Education.

TUJUAN KAMI 

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal dalam percaturan global dengan mengedepankan terciptanya daya saing yang kuat.
  • Menerapkan sistem pendidikan yang berorientasi pada transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.
  • Mengembangkan sistem bimbingan yang berorientasi pada terciptanya manusia yang berakhlak mulia.
  • Mengembangkan sistem pendidikan dan bimbingan dengan terus beradaptasi pada perubahan lingkungan yang dinamis.
  • Mengoptimalkan layanan bimbingan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Memfasilitasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.
  • Mengembangkan dan meningkatkan sistem mutu sekolah sesuai standar yang diakui secara global.
  • Mendorong dan memfasilitasi para siswa dalam berbagai kompetisi akademik dan non-akademik baik tingkat nasional maupun internasional.
  • Memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu untuk mengimbangi persaingan dalam skala lokal maupun global.
  • Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang mampu mengoperasikan sarana teknologi informasi dan komunikasi modern

PENDIDIKAN KAMI DARI PERSPEKTIF AKADEMIS 

PENDIDIKAN GLOBAL DALAM KONTEKS NASIONAL 

Kurikulum yang diterapkan di Sekolah Kesatuan Bangsa merupakan kurikulum unik yang mengakomodasi perkembangan pendidikan universal dalam konteks nasional. Output dari kurikulum kami adalah siswa yang siap menghadapi tantangan global di manapun dia berada tanpa melupakan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalismenya. Pengembangan kurikulum merupakan proses berkelanjutan yang dievaluasi terus-menerus dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

MASA DEPAN YANG GEMILANG MELALUI PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS

Dalam dunia pendidikan, pondasi kuat akan menghasilkan potensi yang besar. Inilah sebabnya, mengapa pendidikan yang berkualitas pada usia muda sangatlah penting. Kurikulum sekolah kami berfokus pada perkembangan utama anak. Meliputi aspek kognitif, sosial, emosional, pendekatan personal, dan perhatian individu di setiap aspek, agar siswa berkembang lebih optimal.

PENDIDIKAN DENGAN CINTA DAN KEPERCAYAAN

Dalam rangka memunculkan inovasi, kreativitas, dan rasa ingin tahu siswa, kurikulum sekolah dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan mereka. Melalui pendidikan di Kesatuan Bangsa, fokus utama kami yakin mewujudkan tercapainya pengembangan diri siswa dalam bidang akademik, sosialisasi, kesehatan jasmani, dan kemahiran informasi. Dan juga memastikan para siswa agar selalu berada dalam jalur yang tepat.

KOMBINASI GURU DAN KURIKULUM NASIONAL

Dengan berbasis perpaduan kurikulum nasional dan internasional dan didukung oleh pengajar  yang berkompeten, siswa dididik memiliki pandangan yang global. Oleh karenanya mereka akan lebih mudah beradaptasi dalam lingkungan multi-nasional.

TARGET TINGGI DALAM PENDIDIKAN

Pertemuan rutin dan workshop para guru di setiap pelajaran menjadi kunci sukses yang sangat penting di sekolah kami. Pertemuan di setiap mapel (MGMP) tidak hanya memperkokoh produktivitas pendidikan, tetapi juga menjaga keharmonisan komunikasi dalam pendidikan secara umum di institusi kami.

KAPASITAS KELAS KAMI YANG TERBATAS

Jumlah siswa adalah faktor yang paling penting bagi interaksi antara guru dan siswa di ruang kelas. Salah satu misi kami adalah meningkatkan mutu pendidikan, dan oleh karena itu jumlah siswa di kelas kami harus ditekan sekecil mungkin. Dengan jumlah siswa maksimal 24 orang, kami mengharapkan komunikasi yang baik antara guru dan siswa sehingga lingkungan pembelajaran menjadi lebih kondusif.

Tes SAT

Tes SAT  untuk mengukur kemampuan analitis mereka dalam Matematika dan Bahasa Inggris. Tes ini juga menjadi salah satu syarat untuk mendaftar ke universitas di berbagai Negara. Siswa dapat membandingkan pencapaian akademis mereka dibandingkan siswa lain di seluruh dunia.

TEST TOEFL iBT

Bagi siswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup, diwajibkan untuk mengambil test TOEFL iBT. Test ini merupakan test berstandar internasional yang sangat berguna bagi para siswa yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

KEBIJAKAN BERBAHASA KAMI

Kami menerapkan pendidikan dwibahasa dalam proses belajar mengajar. Mata pelajaran sains, seperti Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, diajarkan dalam pengantar Bahasa Inggris yang ditunjang oleh buku-buku dalam bahasa yang sama. Sedangkan mata pelajaran non-sains diajarkan dalam Bahasa Indonesia yang ditunjang oleh buku-buku dalam bahasa yang sama pula.

PROGRAM INTENSIF BAHASA INGGRIS

Standar pendidikan Bahasa Inggris di sekolah kami didasarkan pada Common European Framework of Reference (CEFR). Di bawah kriteria yang ketat tersebut, siswa fokus pada peningkatan empat keterampilan berbahasa yang utama, yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Selain itu, kehadiran guru native kami juga membantu memperkuat kebiasaan berbahasa yang baik selama proses pembelajaran tersebut.

UJIAN BERSTANDARD INTERNASIONAL

Dengan menggunakan standar CEFR (Common European Framework of Reference), kemampuan berbahasa Inggris siswa kami diuji lewat test Cambridge setiap tahunnya. Test ini sangat penting untuk mengukur kemajuan berbahasa siswa dalam standar yang diakui dunia internasional. Sesuai dengan tingkatannya setiap tahun siswa akan mengambil test KET (Key English Test), PET (Priliminary English Test) atau FCE (First Certificate of English).

EXPLORASI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN 

Metodologi pendidikan harus terus-menerus ditingkatkan agar tetap relevan. Tinggal di era informasi, metode klasik dalam mengajar perlahan-lahan mulai ditinggalkan dan kebutuhan akan metode yang lebih efektif, aktif dan menarik telah menjadi sebuah keniscayaan. Ketika menggabungkan metode pendidikan kontemporer dengan teknologi modern di Kesatuan Bangsa, kami telah membuat lingkungan belajar yang lebih menguntungkan serta lebih interaktif bagi para siswa.

VISI

Terwujudnya generasi emas yang berakhlak mulia, berakal cerdas, berwawasan global, dan berakar budaya Indonesia serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.

MISI

  • Menjadikan sekolah sebagai lembaga pendidikan terbaik dalam memberikan ruang bagi berkembangnya potensi diri siswa dan guru.
  • Meningkatkan kualitas pemahaman dan profesionalitas guru mengenai pendidikan sesuai dengan perkembangan yang ada.
  • Menyiapkan siswa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan sistem pembelajaran yang berkualitas dan penerapan teknologi terkini.
  • Mengembangkan sikap cinta terhadap sesama, bangsa, dan negara pada diri siswa.
  • Menumbuhkembangkan peran serta masyarakat (orang tua siswa) dalam aktivitas pendidikan.

Struktur Organisasi

Administrator Kesatuan Bangsa School

Kepala Sekolah SMA       : Ahmad Nurani, ST., M.Pd.

Kepala Sekolah SMP       : Ahmad Fauzi, S.Pd., M.M.

 Direktur Akademik       : Eko Andi Hartono, S.Pd.

Ketua Departemen dan Koordinator

Departemen Bahasa Inggris —————————— : Lismawati, S.Pd

Departemen Bahasa Indonesia ————————–: Rahmat Iskandar, S.Pd.

Departemen Matematika ———————————-: Medina Rendani Sabana, S.Pd

Departemen Biologi—————————————— : Dwi Eldina, S.Pd.

Departemen Fisika ——————————————–: Ulfiana Prisdiansari, S.T.

Departemen Kimia  ——————————————-: Imas Walijah, S.Pd

Departemen Projek Sains  ———————————: Deera Army Pramana, S.Si

Departemen Olimpiade Sains . ——-.——————-: Tito Auditama, B.Sc., M.M.
 ————————————————————————: Deera Army Pramana, S.Si

Departemen Ilmu Sosial ————————————: Lukman Hasani, S.Pd.

Departemen Agama ——————————————: Heri Anto, M.PdI.