INDIVIDU KREATIF DI BIDANG SAINS

 

Berbagai projek sains di sekolah kami bertujuan menanamkan kemampuan siswa meneliti dan menganalisis. Para calon penemu muda ini belajar di bawah pengawasan guru kami. Para siswa tersebut dan hasil projek mereka tidak hanya merepresentasikan masa depan yang lebih cerah bagi Negara kita tetapi juga bagi dunia.

Salah satu program unggulan yang dimiliki oleh SMP SMA Kesatuan Bangsa Adalah KEGIATAN PROYEK SAINS (Science Project). Kegiatan proyek sains ini bertujuan mengajak siswa berfikir kritis mencari ide kreatif untuk memecahkan masalah masalah lokal dan global yang sedang mengemuka dalam kehidupan. Melalui para guru yang berpengalaman dan inspiratif siswa dibimbing untuk  mampu mengolah ide kreatif, bekerjasama, melakukan penelitian, menulis laporan ilmiah dan mempresentasikan hasil penelitian ilmiahnya serta menghasilkan produk ilmiah yang bermanfaat.

 

ALUR KEGIATAN PROYEK SAINS 

TAHAP 1 : Sosialiasi program proyek sains

Kegiatan sosialisai program proyek ditujukan kepada siswa baru. Sosialisasi proyek  dilakukan dalam dua tahap. Sosialisasi tahap satu memberikan gambaran alur pelaksanaan kegiatan program proyek sains di sekolah Kesatuan Bangsa. Sosialisasi tahap kedua berupa presentasi dari siswa siswi peraih medali nasional dan internasional dalam ajang proyek sains, diikuti oleh seluruh siswa baru SMP SMA Kesatuan Bangsa

TAHAP 2 : Pengiriman ide/ proposal proyek

Tahap dua ini dilakukan setelah kegiatan sosialisasi dilakukan. Para siswa mengumpulkan ide/ proposal proyek sainsnya kepada koordinator proyek SMP SMA Kesatuan Bangsa.

Pada tahap ini seluruh ide/ proposal yang diajukan oleh siswa akan masuk ke tahap 3.

TAHAP 3 : Presentasi Ide/ Proposal oleh Siswa

Seluruh siswa yang telah mengirimkan Ide/ proposal proyek sains mempresentasikan idenya pada kegiatan “PRESENTASI PROPOSAL”. Pada tahap ini kegiatan dihadiri Guru guru sains dan diikuti oleh seluruh siswa yang telah terdaftar (melaui ide/proposalnya) yang telah masuk. Pada tahap inilah guru guru akan memberikan tanggapan dan saran atas ide-ide kreatif dari siswa siswi SMP SMA Kesatuan Bangsa.

TAHAP 4 : Penentuan Supervisor proyek dan kegiatan pembimbingan

Setelah melalui tahap presentasi maka para siswa akan diberikan nama guru yang akan membimbing mereka dalam melakukan kegiatan penelitian proyek sainsnya. Pembimbingan ini dilakukan sampai dengan pelaksanaan lomba tingkat nasional maupun internasional.

TAHAP 5 : Seleksi Finalis internal sekolah dari panitia ISPO

Pada tanggal yang ditentukan, panitia ISPO pusat akan melakukan penjurian ke SMP SMA Kesatuan Bangsa untuk memilih proyek yang akan menjadi finalis dalam ajang ISPO di Jakarta. Selanjutnya panitia akan menyampaikan informasinya ke SMP SMA Kesatuan Bangsa.

TAHAP 6 : Seleksi Finalis di ajang ISPO 2016 jakarta

Para finalis yang telah terpilih di tahap 5 akan diberangkatkan ke ajang ISPO ditemani oleh guru  pembimbing yang ditunjuk dari SMP SMA Kesatuan Bangsa.

TAHAP 7 : Pengiriman Pemenang ISPO ke ajang proyek internasional

Pada tahap ini para peraih medali di ajang ISPO akan di berangkatkan ke ajang proyek internasional. Pengiriman peserta ke ajang Internasional ini akan langsung diatur oleh panitia ISPO.