Tujuan

Membimbing siswa agar dapat menyadari potensi dirinya.

Memberikan  informasi dan arahan kepada siswa dalam pilihan karir dan persiapan studi lanjut ke perguruan tinggi.

Kegiatan

  • Tes Kepribadian
    Tes ini bertujuan untuk mengetahui tipe belajar dan kepribadian siswa sebagai bagian dari konsep diri. Tes ini ditujukan kepada siswa kelas 7 dan 10 yang dilakukan pada awal tahun ajaran. Tes ini diharapkan akan membantu siswa untuk mengetahui cara belajar terbaik yang bisa digunakan hingga di masa mendatang. Selain itu tes ini membantu guru untuk memilih jenis tugas yang cocok untuk tiap siswa.
  • IQ Test
    Sekolah memberikan tes IQ untuk kelas 8 dan 10. Tes IQ adalah penilaian yang mengukur berbagai kemampuan kognitif dalam bentuk skor. Penilaian ini dimaksudkan untuk menyediakan informasi kemampuan dan potensi intelektual individu siswa. Hasil tes IQ ini akan dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membimbing siswa. Tes ini akan dilengkapi dengan tes Kepribadian dan Penilaian Pemetaan Bakat dan sesi konseling satu per satu.
  • Asesmen Pemetaan BakatAsesmen ini merupakan penilaian untuk menemukan atau mengungkapkan kelebihan dan kekurangannya dengan melihat tema bakat, dan TMA ini dapat digunakan sebagai informasi dasar untuk memilih jurusan di perguruan tinggi. Tes ini biasanya diberikan untuk siswa kelas 11 dan diadakan pada bulan September atau Oktober sehingga mereka memiliki informasi tentang bakat mereka sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi.
  • Pameran Pendidikan Tinggi
    Program ini umumnya diadakan di sekolah dengan peserta perguruan tinggi antara lain perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi luar negeri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada mahasiswa terkait dengan persyaratan untuk mendaftar ke jurusan atau perguruan tinggi yang diinginkan, biaya hidup, kurikulum. Selain itu mahasiswa juga dapat berkonsultasi dengan perwakilan dari perguruan tinggi tersebut mengenai segala informasi yang berkaitan dengan dunia perkuliahan yang ingin mereka ketahui.
  • Konseling Studi Lanjut
     Konseling Studi Lanjut adalah pertemuan konselor perguruan tinggi dengan siswa. Biasanya kegiatan ini dilakukan secara offline tetapi selama pandemi ini kami bertemu dengan siswa secara online untuk membahas perencanaan dan persiapan mereka untuk melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi. Siswa akan diberi tahu tentang jadwal untuk bertemu dengan konselor perguruan tinggi oleh wali kelas mereka.
  • Seminar
    Seminar dibawakan oleh para profesional di berbagai profesi, seperti pengusaha, insinyur, pengacara, penyiar on air, guru, dll, dan juga oleh alumni atau perwakilan universitas. Seminar ini diadakan di ruang audio visual (AVR).